Bentuk Keterlibatan Orang Tua Pada Anak Tk Yang Berprestasi Melukis

Ian Santikko, Lely Ika Mariyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk keterlibatan orang tua pada anak TK yang berprestasi melukis. Keterlibatan orangtua dapat dilihat dari aktivitas (1) parenting, (2) komunikasi, (3) sukarelawan, (4) pembelajaran di rumah, (5) pengambilan keputusan, (6) bekerjasama dengan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Responden berjumlah enam orangtua yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan catatan lapangan yang dilakukan pada enam orangtua murid yang berprestasi melukis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua yang tidak bekerja dapat melibatkan diri lebih nyata untuk mendukung prestasi anaknya.

Keywords


tk, keterlibatan orangtua, melukis

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amini, M. 2015. Profil keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia Tk.Jurnal Ilmiah Visi PPTK PAUDNI. 10( 1), 9- 20. Diakses pada tanggal 4 Oktober 2017 dari journal.unj.ac.id

Alex, Sobur. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

--------------. 2006. AL-Qur’an dan terjemahannya, Departemen Agama Republik Indonesia, Pustaka Agung Harapan

As’ad, M. 2003. Psikologi Industri, Yogyakarta: Liberty.

Baidan, Nashrudin. Wawasan Baru Ilmu Tafsir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Creswell, J.W. 2014. Research Design ; Yogyakarta : Pustaka Belajar

Dharsono, S.K. 2004. Seni Rupa Modern. Bandung : Rekayasa Sains

Eipstein, J. L., Sanders, M. G., Simon, B. S. at all. 2002. School, family and community partnerships, your handbook for action: second edition. Thousand Oaks, California: Corwin Press.

Harianti. R dan Amin, S. 2016. Pola Asuh Orang Tua Dan Lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Curricula. Vol.1, No.2

Papalia, E. D. dan Feldman, R. T. (2014). Menyelami Perkembangan Manusia ; Experience Human Development. Jakarta: Salemba Humanika

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta :PT.Erlangga

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Soemiarti,Patmonodewo. (2003). Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: RinekaCipta

Sugiyono, P. D. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Suriansyah, Ahmad. (2014).Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta :Rajawali Pers

Syamsu, Yusuf LN. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Ramaja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Umar,M. 2015. PERANAN ORANG TUA DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ANAK. Jurnal Ilmiah Edukasi Vol.1, No. 1.

Wimbo, M., Yulis, D. (2014). Dinamika dukungan social pada prestasi siswa sekolah dasar berbasis pendekatan indigenous psychology. 9(1), 30-3




DOI: http://dx.doi.org/10.30649/jpp.v2i1.43

Copyright (c) 2020 Ian Santikko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Abstracted/indexing:

googlegarudaonesearchcrossref

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.