Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-R) pada Remaja

Yuditia Prameswari, Beril Triana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk faktor-faktor yang memengaruhi remaja dalam memanfaatkan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di Sekolah Menengah Atas (SMA 4) Karimun. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Cross Sectional, dengan jumlah subjek sejumlah 36 responden. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis Chi-Square. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, ditemukan bahwa sejumlah 34 remaja (94,4%) memiliki pengetahuan yang tergolong baik tentang PIK-R, 34 remaja (94,4%) memiliki sikap positif terhadap pemanfaatan PIK-R, 33 remaja (91,7%) pernah terpapar sumber informasi tentang PIK-R, dan 34 remaja (94,4%) telah memanfaatkan PIK-R. Hasil uji Chi Square pada variabel pengetahuan menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara pengetahuan remaja dengan pemanfaatan PIK-R, pada variabel sikap menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara sikap remaja dengan pemanfaatan PIK-R, dan pada variabel paparan sumber informasi menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara sumber informasi yang diperoleh dengan pemanfaatan PIK-R.

Keywords


Konseling, Pengetahuan, PIK-R, Remaja, Sikap

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


BKKBN. (2015). Pedoman Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa (PIK R/M). Jakarta: Direktorat Bina Ketahanan Remaja BKKBN.

BKKBN. (2015). Pengelolaan PIK Remaja/Mahasiswa Bagi Pengelola, Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya PIK Remaja/Mahasiswa. Jakarta: Direktorat Bina Ketahanan Remaja BKKBN.

BKKBN. (2015). Rencana Strategis Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. BKKBN.

Desyolmita, N., & Firman. (2013). Hubungan persepsi dengan peranan siswa dalam pelaksanaan program kegiatan pusat informasi konseling kesehatan reproduksi remaja di SMPN 2 Pariaman. Jurnal Konselor,2(1). https://doi.org/10.24036/02013211006-0-00

Hurlock, E.B. (2002). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Maisya, I. B., & Susilowati, A. (2014). Faktor pada Remaja Muda dan Tersedianya Media Informasi Hubungannya dengan Perilaku Berisiko. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 5(3).

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Setiowati, T.A. (2017). Perbedaan Perilaku Kesehatan Reproduksi Antara Remaja yang Mengikuti dan Tidak Mengikuti Pusat Informasi dan Konseling Remaja di SMA 1 Sewon. Jurnal Digital Library Unisa Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30649/jpp.v2i1.42

Copyright (c) 2020 Yuditia Prameswari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Abstracted/indexing:

googlegarudaonesearchcrossref

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.