Shyness ditinjau dari Five Guidance Needs pada Remaja SMA di Makassar

Jennifer Chikita, Sitti Murdiana, Ahmad Ridfah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara shyness dengan 5 guidance needs yaitu educational needs, vocational needs, physic needs, social needs, dan psychological needs pada remaja SMA di Makassar. Subjek penelitian berjumlah 415 remaja berstatus pelajar SMA di Makassar yang diambil dengan menggunakan teknikpengambilan sampel insidental.Alat ukur yang digunakan yaitu dalam bentuk skala, untuk mengukur tingkat shynessdigunakan skala shynessdariRidfah, dan skala guidance needs digunakan untuk mengukur guidance needs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shyness memiliki hubungan yang signifikan dengan guidance needs secara global maupun dengan masing-masing-masing komponen guidance needs, yaitu educational needs, vocational needs,physic needs, psychological needsdan social needs.Social needs memiliki nilai korelasi yang paling tinggi terhadap shyness pada individu dengan nilai r = -0,448. Penelitian ini menunjukkan bahwa perlunya guidance needs diukur guna mengoptimalkan bimbingan yang akan diberikan.

Keywords


shyness, guidance needs, remaja

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bas, G. (2010). An investigation of the relationship between shyness and loneliness levels of elementary students in a Turkish sample. International Online Journal of Educational Sciences,2(2), 419-440.

Carducci, B. J., & Golant, S. (2009). Shyness: Understanding, hope, and healing. Harper Collins.

D’Souza, L. (2003). Influence on shyness on anxiety and academic achievement in highschool students. Pakistan Journal of Psychological Research. 18, 3-4, 109-118.

D’Souza, L., Gowda, H.M., dan Gowda, D. K. S. (2006). Relationship between shyness and fear among high school students. Pakistan Journal of Psychological Research, 21, 3-4, 53-60

D’Souza, L., Urs, G. B., & Jayaraju, R. (2008). Relationship between shyness and guidance needs among adolescents. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, 34(2), 317-322.

Henderson, L. M., Zimbardo, P. G., & Carducci, B. J. (1999). Shyness: An article for the Encyclopedia of Psychology.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan. Terjemahan oleh Istimidayanti & Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Husen, M. (2011).Pelatihan komunikasi efektif untuk mengurangi shyness pada mahasiswa di Makassar.(Skripsi tidak diterbitkan). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Kaur, J. (2015). Guidance needs and mental health of adolescents: Acorrelation study. OnlineInternational Interdisciplinary Research Journal,5, 300-303.

Manning, P.,& Ray, G. (1993).Shyness, self-confidance, and social interaction. Social Psychology Quarterly,56(3), 178-192.

Parhar, M. K., Kaur, K., & Kaur, P. (2013). Guidance needs of secondary school students. International Journal of Behavioral Social and Movement Sciences,2(2), 77-87. Ridfah, A. (2006). Shyness pada mahasiswa di kota Makassar. (Skripsi tidak diterbitkan). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Ridfah, A. (2006). Shyness pada Mahasiswa di Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Jurusan Psikologi Universitas Negeri Makassar.

Seeja, K. R., & Anthony, R. V. (2015). Identification of guidance needs among higher secondry school student of Kerala. Final Report onMinor Research Project.http://www.snmtrainingcollege.org

Valentina, L., & Singh, R. (2014).Gender differences in guidance needs of senior secondary school adolescents of imphal district.International Journal Education Science, 6(3), 521-524.

Walgito, B. (2004). Bimbingan dan konseling di sekolah. Yogyakarta: ANDI.

Wulandari, R. M. (2016). Hubungan shyness terhadap harga diri pada siswa SMA di Kabupaten Bulukumba.(Skripsi tidak diterbitkan). Makassar: Universitas Negeri Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30649/jpp.v2i1.41

Copyright (c) 2020 Jennifer Chikita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Abstracted/indexing:

googlegarudaonesearchcrossref

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.